Kenapa disebut kumpul Kebo?

Kembali lagi dengan Mousy Moon!

Hari ini gue akan membahas tentang istilah yang sudah sangat akrab di telinga : kumpul kebo.



Apa sih kumpul kebo itu?



Pertanyaan berikutnya adalah kenapa kebo (kerbau)? Kenapa ga binatang lain? Yang kawin kan bukan cuma kerbau. Kenapa ga kumpul kucing, kumpul anjing, etc. Apakah yang salah dengan kerbau sampai dibawa-bawa terus? Hehehe. Hal ini ditanyakan oleh teman hidupnya Curious Cat, yang juga punya blog hehe.

Setelah melakukan penelusuran, ada yang bilang kerbau dipilih untuk istilah ini karena kerbau-kerbau ini jarang keliatan berduaan dan ngapa-ngapain gitu tapi tau-tau hamil aja si betinanya! Perilaku ini yang kemudian disamakan dengan manusia yang melakukan kumpul kebo, diam-diam seakan tidak ada apa-apa tapi kemudian wanitanya hamil di luar nikah.

Gue sendiri berpikir, kenapa kerbau yah? Kerbau kan ga nikah, jadi kalaupun dia kumpul-kumpul sembunyi gitu dan taunya betina hamil, yah anaknya kerbau itu ga jadi kerbau di luar nikah kan. LOL. 

Nah akhirnya, gue dapet jawaban yang menurut gue memuaskan dan masuk akal.

Jadi...

Istilah kumpul kebo itu tidak ada hubungannya dengan hewan.

Bukan. Bukan salah kerbau. Kerbaunya nggak tahu apa-apa.

Istilah asli dari kumpul kebo ini adalah "koempoel gebouw". Gebouw disini artinya bangunan atau rumah. Jadi, arti dari koempoel gebouw ini adalah kumpul di bawah satu atap rumah. Gebouw menjadi kebo dan melahirkan istilah tersebut : kumpul kebo.


Mousy Moon






1 comments: