Ayam vs Telur, Mana yang Duluan?

Gambar dari sini

Kali ini, gue akan menjawab pertanyaan paling pelik dalam sejarah peradaban manusia:


"Mana yang lebih dulu ada, ayam atau telur?"


Dulu-dulu kalau ditanya, gue akan jawab ayam. Dalam sejarah penciptaan alam semesta di Alkitab, diketahui di hari kelima Allah menciptakan burung-burung dan hewan di laut. Kesimpulan sederhananya, Allah menciptakan hewannya; bukan telur. Gue merasa jawaban ini tidak akan memuaskan semua pihak (karena cuma dari sisi agama aja nih). Sebetulnya pertanyaan ini sudah gue jauhi sejak zaman dulu karena gue nggak punya jawaban pasti nan ilmiah tentang hal ini. Sampai pagi ini.... gue menemukan gambar ini di feed Facebook.

Gambar dari sini

Ini tentunya titik terang dari segala pertanyaan kita selama ini, bukan? Artikel pendukungnya dapat dibaca di sini dan di sana. Gue share ini ke anak-anak kantor, kemudian tersadar bahwa informasi ini sebenarnya tidak menjawab pertanyaan tersebut. Okelah kalau protein pembentuk cangkang telur tersebut hanya berasal dari ayam betina, tapi tetep aja kan... Where the hell did the hen come from

Akhirnya gue googling dong, mencari jawaban dari para eggsperts *halah*.

Setelah banyak baca-baca dari sini *terutama bagian Science-nya ya*, sini, dan sini... Ternyata yang lebih dahulu itu telur aja dong. Hal ini berkaitan erat dengan teori evolusi dan mutasi genetik. Alkisah adalah ibu dan bapak yang sosoknya mirip ayam (tapi bukan ayam), kawin, dan kemudian si ibu yang sosoknya mirip ayam itu bertelur. Zigot yang terbentuk ini mengalami mutasi genetik, sehingga DNA yang dimilikinya tidak 100% sama dengan kedua orang tuanya. Si Anak (yang DNAnya telah mengalami mutasi) inilah yang kemudian dapat membentuk protein yang dijelaskan di paragraf atas tadi. Jadi deh: ayam yang kita kenal sekarang ini! :)) Prosesnya tentunya nggak semudah itu, melainkan makan waktu puluhan ribu tahun (namanya juga evolusi).

Masih belibet dan keplintir otaknya? Ada video nih buat kamu yang visual:




Sederhananya, ayam yang kita kenal seperti sekarang tentulah berasal dari telur. Tapi telur, ternyata awalnya dapat berasal dari hewan yang belum bisa dibilang sebagai ayam yang kita kenal seperti sekarang ini. :)

Atau bisa juga dipikirkan seperti ini, gue kutip dari Wikipedia ya:

So technically the egg came before the chicken, but the chicken may have come before the chicken egg. So it depends on whether the question is "What came first, the Chicken or the egg" or "what came first, the Chicken or the Chicken egg".



Curious Cat
Undur diri dulu ya, otak berasep.


PS: It's funny that a simple question like that has led us to the big concept of evolution, not only for what happened with the chicken but also other plants and animals. Ya gak sih? :))

0 comments:

Post a Comment